Saturday, March 30, 2013

Kenapa Rakyat Indonesia Marah Di Panggil INDON?


Sememangnya ramai ramai diantara kita yang tidak tahu lagi kenapa dan mengapa setiap warga indonesia marah apabila mereka digelar atau dipanggil INDON. Jadi, apa sebenarnya maksud perkataan INDON bagi mereka?

Gadis cantik Indon
Gambar hiasan

Kalau dicari maksudnya diinternet memang sukar untuk ditemui makna sebenarnya. Namun, setelah puas dicari, jawapan sebenarnya adalah komen seorang pelawat dari seberang yang menerangkan maksud perkataan tersebut.

Menurutnya;
Assalamualaiku Wr.Wb

Saudara tetangga...

Allah mengajarkan agar kita memanggil sesama dengan sebutan yang baik2 saja ..bukan sebutan yang menyakiti hatinya.

Bahasa memang bisa mengalami pergeseran makna "konotasi negatif", dalam hal ini mungkin kata-kata Indon yang dahulu dipakai untuk menyebut negara Tetangga, sekarang terjadi pergeseran makna menjadi arti yang "negatif".

Kata2 indon kami anggap, kata2 yang mengandung unsur "rasis" sama seperti menyebut "negro" di daratan Amerika.

Indon bermakna pekerja kasar dan rendahan, untuk hal ini memeng kami menyadari bahwa sebagian besar tenaga kerja Indonesia di Malaysia adalah "blue colar", tetapi istilah tersebut "tidak bisa diterima" oleh sebagian lagi orang Indonesia kaum intelektual dan "white colar".

Secara pribadi, saya sedih melihat fenomena ini. Kenapa dua negara Islam yang besar ini harus saling memusuhi?

Karena secara "naluri" kita saling menyadari bahwa kita ini saudara, tak bisa di pungkiri.

Tak sampai hati rasanya bila harus saling menyakiti saudara sendiri.

Wassalam
Anak bangsa Indonesia

Dan rupanya begitu maksud dan tafsiran sebenar. Bagi kita sebenarnya sewaktu menyebut atau menggelar mereka INDON, tiada niat untuk menghina atau merendah-rendahkan darjat mereka. Itu hanyalah singkatan untuk menyebut perkataan INDONESIA dengan mudah.

Dan saya juga tertarik dengan komen pelawat yang juga berbangsa Indonesia.

Katanya;
Anonymous said...
Sebenarnya Indon itu sama dengan Indonesia, tidak ada kata menghina, saya saja warganegara Indonesia, keturunan Chinese dari orang tua, malah lebih kasar orang2 Indon (Indonesia) panggil saya CINA, 

Seharusnya CHINA (di baca CAINA) Atau CHINESE (di baca CAINIS). Tapi yang lebih kurang ajar orang2 Indon (Indonesia) mereka tidak mau kata Indonesia di kurangi huruf contoh INDONEIA Atau INDONESA. Tapi kalau panggil CHINA orang2 Indon (Indonesia) tidak mau, selalu sebut CINA (huruf H di hilangkan). 

Bukankah itu namanya orang2 Indon (Indonesia) lebih kurang ajar?! Saya sakit hati sekali dengan orang2 Indon yang tidak ada sopan, maunya menang sendiri. sebaiknya agama (Islan) jangan disebut, karena nyatanya berbeda, di Indonesia masih RASIS, Munafik dan Egoisme pada. KACA DIRI DULU BARU BICARA.

Mengata dulang paku serpih, mengata orang dia yang lebih.. fikir-fikirlah..

Semoga memberi manfaat.

BACA INI JUGA:

-Sentiasapanas.com

8 comments

  1. Nk sebut indonesia panjang sgt, jd singkatkn jd indon... tu aje

    ReplyDelete
  2. Semoga semua niatan baik kita dinilai baik di mata Allah dibalas pula dengan kebaikan. Menurut saya memang banyak sekali kesalah pahaman yang terjadi jika kita hanya mendengar dari orang lain tentang suatu golongan atau dengan kata lain tidak langsung mengenal golongan tersebut. Bijak bijaklah dalam mengenal satu sama lain, apalagi kita adalah dua negara mayoritas islam

    ReplyDelete
  3. Aku punya nak tahu tu sampai sanggup google psl hal ini..Wahai indonesian tolonglah faham kami takde niat langsung nak menghina kamu semua..Lagi satu perkataan Indon tu membawa maksud kuli/martabat rendah..Adakah ini bermaksud org indonesia yg kuli2 atau kerja di bawahan sahaja yg layak dipanggil indon?Kalau golongan yg intelektual dan berprestij kena panggil indo dan diharamkan langsung indon?Indonesian,please jgn salah fhm..kami takde niat sikit pun nak hina awak semua jgnlah terus gelar kami ni racist..sekian

    ReplyDelete
  4. Indon lah sedap bunyi klau indog kasar klau belandon kasar juga

    ReplyDelete
  5. Depa pun sedap2 jer gelar negara org lain mcm2,korut lh,belgia lh,malay lh,bodoh punya indon

    ReplyDelete

TERIMA KASIH KERANA SUDI MEMBERIKAN KOMEN. INSYAA ALLAH SAYA AKAN KOMEN DI BLOG ANDA JUGA.
EmoticonEmoticon